“SITINGGIL BANGSARI” SEMAKIN BAROKAH

Kegiatan Jum’at berkah sebagai salah satu kegiatan dalam program “Sitinggil Bangsari” Kecamatan Bantarsari pada hari ini (Jum’at,  2 Oktober 2020) menjadi kegiatan yang istimewa.

Walaupun kegiatan Jum’at  barokah  merupakan  kegiatan  rutin  setiap  dua  minggu  sekalai yang dilaksanakan secara bergilir  dari desa  ke desa diwilayah Kecamatan Bantarsari, namun untuk kali ini yang kebetulan jatuh giliran di Desa Bantarsari menjadi special, hal ini tidak lain karena pada pelaksanaanya di hari ini dihadiri oleh salah satu anggota DPR RI asal Kabupaten Cilacap yaitu Ibu Teti Rohaetiningsih, S.Sos., yang juga merupakan Keua Tim Penggerak PKK Kabupaten Cilacap.

Perlu kami sampaikan kegiatan Jum’at berkah merupakan salah satu kegiatan dari Program “Sitinggil Bangsari” yang diwujudkan dalam bentuk  senam masal guna  menghimpun dana dari para peserta yang selanjutnya akan disalurkan secara langsung kepada KPM sasaran.

Pada kegiatan hari ini dimulai dari perjalanan menyusuri arus sungai Jagadenda yang  menjulur membentang sebagai batas alam wilayah Kecamatan Bantarsari dan Kecamatan Kawunganten. Tepat pukul 07.00 Ibu Teti Rohaetiningsih beserta rombongan tiba di tambatan perahu Dusun Gayamsari Desa Rawajaya. Turut serta dalam rombongan tersebut Wakil Ketua Baznas Kabupaten Cilacap Bapak Hamidan Majdi. Di iringi rombongan Kecamatan Bantarsari yang terdiri dari Camat Bantarsari Bapak. Drs. Hari Winarno, M.Si; Ketua TP-PKK Kecamatan Bantarsari, Pejabat/Pegawai Kecamatan, Kepala Desa Rawajaya Bapak Martoyo; Ketua TP-PKK Desa Rawajaya dan beberapa perangkat desa Rawajaya. Perjalanan menembus dinginya Jum’at pagi yang masih diiiringi rintik gerimis dilakukan melalui jalur air mengingat pada malam harinya hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Bantarsai sehingga tanggul sungai sebagai akses utama ke tujuan yaiitu rumah Ibu Rodiyah sangat licin dan berlumpur, sangat sulit untuk ditempuh dengan kendaraan darat,sebagaai navigator penunjuk arah adalah Kepala Dusun Gayamsari, Bapak Miskun.

Setelah berayun ayun di atas perahu selama kurang lebih 30 menit, rombongan tiba di lokasi rumah tinggal Ibu Rodiyah, salah serang warga KPM sasaran yang beberapa minggu yang lalu sempat viral di media sosial. Sampai di lokasi tepat Pukul 07.30 rombongan di sambut oleh Ketua Rt.02/Rw05  Desa Rawajaya Bapak Darso  serta Ibu Rodiyah dan 4 orang KPM lainya yang menjadi sasaran untuk pemberian santunan. Pada kesempatan tersebut Wakil Ketua Baznas , di dampingIbu Teti Rohaetiningsih, S.Sos.menyerahkan secara simbolis Kunci Rumah kepada Ibu Rodiyah serta bebeara perabot keprluan rumah tangga lainya dilanjutkan pengguntingan pita masuk ke rumah Ibu Rodiyah oleh Ibu Teti Rohaetiningsih. Wajah ibu rodiyah tampak berkaca kaca terharu ketika bersalaman  dengan Ibu Teti Rohaetininsih, S.Sos dan menerima kunci rumah tersebut dari Ketua Baznas.

“atur nuhun Ibu, Ibune sami gelem teka nang umaeh kula, umaeh kula sing bodol sikiye uwis dadi maen”. Ucap Bu Rodiyah sambil terisak menahan tangisnya dalam bahasa jawa cilacapan berlogat sunda.

Memang diwilayah tersebut banyak penduduk yang berasal dari wilayah pasundan sehingga bahasa sehari hari juga terjadi asimilasi dua bahasa tersebut.

Selain pemnyerahan Rumah Kepada Ibu Rodiyah diserahkan juga paket sembako kepada 4 (empat) keluarga pra sejahtera warga Desa Rawajaya lainya yaitu , keluarga Ibu Mistun, Ibu Paini, Ibu Maniyah dan Ibu Cunong.

Pukul 08.05 WIB rombongan meninggalkan lokasi rumah Ibu Rodiyah menuju ke Halaman Balai Desa Bantarsari dan telah ditunggu oleh para peserta senam dalam rangka Jum’at  berkah “Sitinggil Bangsari”.

Sesampai di Halaman Balai Desa Bantarsari sekitar pukul 08.15 WIB Ibu Teti Rohaetiningsih di ikuti rombongan yang mngiringlangsung bergabung i dengan peserta senam yang telah memenuhi Halaman Balai Desa Bantarsari namun tetap dengan tetap mejaga jarak sesuai protokol Covid-19.

Senam masal diikuti para kepala/Koordinator UPT/Dinas/Instansi Kepala Desa, Perangkat Desa  dan berbagai organisasi elemen masyarakat lainya, bahkan turut hadir juga salah seorang anggota DPRD Kabupaten Cilacap Bapak Mujiono, S.Pd. MM. Selesai  mengikuti senam bersama dilanjutukan penyerahan santunan kepada KPM sasaran yang sudah dipilih, yaitu : Ibu Martini warga Rt.01/06, Ahmad Naufal Muwafik warga Rt.01/03, Pariyem warga Rt.01/03, Partiyem warga Rt.01/05 dan Muslihudin warga RT.06/02.

Selain santunan dari Ibu Teti Rohaetiningsih, S.Sos, dalam acara senam masal terkumpul dana  Rp.3.150.000, yang selanjutnya dibagikan kepadakaluarga sasaran tersebut secara langsung oleh Camat Bantarsari Bapak Drs. Hari Winarno M.Si   Kapolsek Bantarsari dan Kepala Desa Bantarsari secara bergantian, kegiatan diakhiri dengan penanaman pohon secara simbolis oleh Ibu Teti Rohaetiningsih, S.Sos .